Top Tag

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Bisnis. com , JAKARTA – Presiden Amerika Konsorsium (AS) Donald Trump tinggal enam hari lagi berkuasa, dan memutuskan menempatkan raksasa elektronik China pada daftar hitam, yaitu Xiaomi, produsen telepon nomor tiga dunia.

Departemen Pertahanan AS kini menganggap Xiaomi sebagai “perusahaan militer Komunis China”. Ini berarti rentan terhadap perintah eksekutif Trump yang melarang AS berinvestasi di perusahaan semacam itu – dan agak-agak memaksa perusahaan AS dan investor AS lainnya untuk divestasi dalam Xiaomi pada 11 November 2021, seperti dilansir Reuters, Jumat (15/1/2021).

Meskipun pemerintahan Biden mungkin membatalkan perintah sebelum tersebut, menarik untuk melihat perusahaan elektronik seperti Xiaomi ada dalam daftar.

Sebagian besar perusahaan lain dalam daftar lebih berorientasi pada industri, mengkhususkan diri dalam penerbangan, kedirgantaraan, pembuatan kapal, bahan-bahan kimia, telekomunikasi, konstruksi, dan bentuk infrastruktur lainnya.

Huawei, pembuat telepon nomor dua di dunia, juga ada dalam daftar, tetapi Huawei juga membangun bahan telekomunikasi berskala besar. Anggota parlemen AS secara khusus khawatir mengenai Huawei menjadi bagian dari infrastruktur seluler negara.

Sekalipun masuk daftar hitam, hal itu tidak sama dengan “daftar entitas” Departemen Perdagangan AS, yang lazimnya mencegah perusahaan AS mengekspor teknologi ke perusahaan yang telah hadir daftar hitam, seperti pembuat dronemaker DJI.

Tetapi, kira-kira perusahaan China seperti Huawei (dan pembuat chip China SMIC) tersedia di kedua daftar sekarang.

Xiaomi tidak segera menyikapi permintaan komentar.

Konten Premium Menyelundup / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang derma untuk membantu tenaga medis serta warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Bertabur Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu pemberian sekarang! Klik Di Sini buat info lebih lengkapnya.

#mc_embed_signup background: #D5DFEB; clear: left; font: 14px Helvetica, Arial, sans-serif; /* Add your own Mailchimp form style overrides in your site stylesheet or in this style block. We recommend moving this block and the preceding CSS link to the HEAD of your HTML file. */

You may also like