Bisnis.com, JAKARTA – Filipina mengeluarkan nota diplomatik untuk memprotes China setelah ratusan kapal ikannya terlihat di wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (22/3/2021), sekitar 220 kapal ikan berbendera China terlihat tertambat dalam antrean di Whitsun Reef di Laut China Selatan pada 7 Maret 2021.

Hal itu disampaikan satuan tugas pemerintah Filipina yang mengawasi laut yang disengketakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu.

Area yang dijuluki Juan Felipe ini merupakan area berkarang besar dan dangkal berbentuk bumerang yang berada dalam zona ekonomi eksklusif Filipina.

Keberadaan kapal ikan tersebut disebut menjadi kekhawatiran karena kemungkinan karena kemungkinan adanya penangkapan ikan berlebihan dan kerusakan lingkungan laut, serta risiko keselamatan navigasi, kata pernyataan pemerintah Filipina.

“Kami menyerukan kepada China untuk menghentikan serangan ini dan segera menarik kembali kapal-kapal yang melanggar hak maritim kami dan melanggar batas wilayah kedaulatan kami,” kata Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana dalam sebuah pernyataan.

“Kami berkomitmen untuk menegakkan hak kedaulatan kami,” lanjutnya.

China dan Filipina sama-sama memiliki klaim yang tumpang tindih di Laut China Selatan yang kaya sumber daya. Pada Januari, Filipina mengajukan protes diplomatik terhadap kebijakan China yang memberikan kebebasan kepada penjaga pantainya untuk menembaki kapal asing.

“Sebuah protes diplomatik dikirimkan malam ini,” kata Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin di Twitter pada Minggu malam.

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Info khusus Result SGP 2020 – 2021. Permainan spesial yang lain dapat dilihat dengan terjadwal melalui notifikasi yg kita letakkan pada laman ini, dan juga siap dichat pada teknisi LiveChat pendukung kami yg siaga 24 jam Online guna meladeni segala kepentingan antara bettor. Lanjut cepetan daftar, dan menangkan cashback Lotto serta Kasino On-line tergede yg terdapat di laman kami.

You may also like