Top Tag


Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan, bahwa AS akan memberikan sanksi kepada para pemimpin militer Myanmar yang melakukan kudeta pekan lalu di negara itu.

Dalam sambutan singkatnya, Presiden Biden mengatakan, dia telah menyetujui perintah eksekutif baru yang memungkinkan Amerika Serikat untuk “segera memberi sanksi kepada para pemimpin militer yang mengarahkan kudeta.

Begitu juga terhadap perusahaan milik mereka serta anggota keluarga dekat. Sedangkan, identifikasi atas target sebut dilakukan pekan ini juga.

“Pemerintah AS mengambil langkah untuk mencegah para jenderal memiliki akses yang tidak semestinya terhadap dana sebesar satu miliar dolar AS milik pemerintah Myanmar yang disimpan di Amerika Serikat,” kata Biden.

Pada bagian lain, Biden menegaskan akan memberlakukan kontrol ekspor yang ketat.

“Kami membekukan aset yang menguntungkan pemerintah Myanmar di AS sambil mempertahankan dukungan kami untuk perawatan kesehatan, kelompok masyarakat sipil, dan bidang lain yang secara langsung menguntungkan rakyat Myanmar,” katanya seperti dikutip CNN.com, Kamis (11/2/2021).

Biden juga mengatakan, AS bersiap melakukan tindakan tambahan dan akan bekerja sama dengan negara lain untuk menekan militer Myanmar.

AS menargetkan pemimpin tertinggi militer Myanmar Min Aung Hlaing yang memimpin  kudeta. Min Aung Hlaing dan jenderal lainnya sudah diberi sanksi oleh AS pada 2019 atas pelanggaran hukum pada Muslim Rohingya.

AS juga kemungkinan menargetkan dua perusahaan konglomerat, Myanmar Economic Holdings Limited and Myanmar Economic Corp, perusahaan induk dengan investasi yang mencakup berbagai sektor termasuk perbankan, permata, tembaga, telekomunikasi, dan pakaian.

Pemerintahan Biden dilaporkanakan akan bekerja sama dengan sekutu di Asia yang punya kedekatan dengan militer Myanmar.

Pada bagian lain Biden meminta junta militer untuk membebaskan pengunjuk rasa yang ditahan dan para pemimpin sipil, termasuk Aung San Suu Kyi dan Win Myint serta menghentikan tindakan keras mereka terhadap para demonstran.

“Militer harus melepaskan kekuasaan yang telah mereka rebut dan menunjukkan rasa hormat atas keinginan rakyat Myanmar,” kata Biden.

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Bonus terbesar Data SGP 2020 – 2021. Hadiah terbesar lain-lain tersedia diamati secara terencana via iklan yg kita sisipkan di web ini, dan juga bisa ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kita yang ada 24 jam On the internet buat melayani seluruh keperluan para player. Mari buruan sign-up, & dapatkan promo Lotto & Kasino Online terhebat yang hadir di lokasi kami.

You may also like