Bisnis.com, JAKARTA – Ramadan akan tiba dalam hitungan hari lagi. Namun, sebelum masuk ke dalam bulan yang penuh berkah tersebut kita akan melewati bulan Sya’ban.

Pada April 2021, masyarakat mengenal istilah malam Nisfu Sya’ban. Malam tersebut dimana banyaknya pahala yang dapat diambil oleh masyarakat yang menjalankan sunnahnya. Malam Nisfu Sya’ban sendiri diperkirakan akan jatuh pada Minggu, 28 Maret 2021.

Terdapat beberapa amalan yang dapat kita ambil, salah satunya puasa bulan Nisfu Sya’ban. Puasa pada malam Nisfu Sya’ban sendiri biasanya dilaksanakan pada Ayyamul Bidh 13 Sya’ban sampai 15 Sya’ban, yang berarti dimulai dari tanggal 27 – 29 Maret 2021.

Tak ada aturan khusus dalam menjalankan puasa Nisfu Sya’ban, sama seperti puasa pada umumnya. Namun, ada  perbedaan dalam membaca niat puasanya, berikut niat puasanya yakni  “NAWAITU SHAUMA GHADIN AN ADA’I SUNNATI SYA’BANA LILLAHI TA’ALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT.”

Selain itu, pada malam Nisfu Sya’ban ini merupakan malam dimana Allah SWT mengampuni dosa dari para hamba-Nya. Seperti apa yang dikatakan dalam salah satu Hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah:

“Aku pernah kehilangan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian aku keluar, ternyata beliau di Baqi, sambil menengadahkan wajah ke langit.” Nabi bertanya; “Kamu khawatir Allah dan Rasul-Nya akan menipumu?” (maksudnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memberi jatah Aisyah).”

Aisyah mengatakan: Wahai Rasulullah, saya hanya menyangka anda mendatangi istri yang lain. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam nisfu syaban, kemudian Dia mengampuni lebih dari jumlah bulu domba bani kalb.”

Memang tak ada keutamaan khusus dalam malam Nisfu Sya’ban. Akan tetapi, dengan adanya malam Nisfu Sya’ban ini banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong datang ke masjid serta meminta ampun kepada penciptanya dan itu merupakan nilai baik yang terdapat dalam bulan ini.

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.


Info spesial Data SGP 2020 – 2021. Jackpot menarik yang lain tampak diamati dengan terencana melewati pemberitahuan yang kita letakkan di laman ini, dan juga siap ditanyakan terhadap layanan LiveChat pendukung kita yang ada 24 jam On the internet guna mengservis seluruh maksud antara pengunjung. Lanjut cepetan join, dan ambil prize serta Live Casino On the internet terhebat yang hadir di web kami.

You may also like